Kenali Masalah Umum AC Mobil Sebelum Pergi ke Bengkel

Sebelum Anda memutuskan untuk service AC mobil, sebaiknya kenali lebih dahulu beberapa masalah yang umum terjadi pada AC mobil Anda. Mungkin saja masalah tersebut dapat Anda atasi sendiri di rumah. Berikut masalah-masalah umum pada AC mobil.

Kenali Masalah Umum AC Mobil Sebelum Pergi ke Bengkel

Freon Kurang atau Habis
Ini masalah utama yang menyebabkan AC mobil Anda tidak dingin. Freon tidak akan bebrkurang atau habis jika tidak ada kebocoran terjadi pada sistem AC. Penyebabnya beragam, bisa karena komponen karet yang sudah getas atau komponen valve kompresor yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Filter AC Tersumbat
Filter AC mobil memiliki fungsi yaitu mencegah berbagai kotoran dan debu yang masuk melalui AC. Perawatan yang kurang baik membuat kotoran akan menempel dan menymbat filter, dengan begitu bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan menjadi tidak optimal. Meskipun semua sistem AC berjalan dengan lancar tapi filter tersumbat, AC tetap tidak akan dingin.

Extra Fan Lemah atau Mati
Ekstra fan memilki fungsi untuk membantu proses kondensasi didalam kondensor. Terganggunya ekstra fan, baik mati total atau sudah lemah, akan membuat tidak ada udara yang masuk kedalam kabin. Jika masalah ini terjadi sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk mengganti motor ekstra fan yang baru.

Evaporator Kotor
Selain filter yang kotor, evaporator yang kotor juga bisa menggangu kinerja dari sistem AC mobil Anda. penyebab masalahnya pun sama, yaitu debu dan kotoran, yang masuk kedalam evaporator akibat filter yang tidak mampu melakukan penyaringan dengan baik. Jika hal ini sudah terjadi maka bisa dipastikan sirkulasi AC mobil juga pasti akan terganggu.

Kondensor Kotor
Kondensor memiliki letak yang dekat dengan radiator, hal ini mengakibatkan kotoran lebih mudah masuk ke dalam kondensor. Akibatnya pasti akan membuat sistem kerja AC menjadi kurang optimal. Lumpur dan kotoran lain yang masuk dapat menggangu proses kondensasi.

Kondensor bersifat sebagai pengantar, fungsinya adalah membang panas yang telah dihasilkan oleh sistem AC mobil Anda. Jika kondisinya tidak terlalu para, mungkin Anda bisa membersihkan sendiri di rumah. Namun jika sudah parah, satu-satunya cara adalah dengan membawanya ke bengkel, agar proses pembersihan lebih menyeluruh.

AC Mengeluarkan Bunyi
Masalah AC bukan hanya karena tidak dingin saja, AC yang mengeluarkan bunyi juga banyak menjadi masalah bagi penggguna mobil. Umumnya masalah ini terjadi akibat kerusakan pada oli kompresor, kelonggaran yang terjadi pada trush bearing atau kondisi piston yang sudah aus. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kondisi oli.

Oli berfungsi menjaga suhu kompresor serta gesekan komponen. Apabila oli kurang atau bahkan habis, akan menyebabkan kerja AC menjadi lebih berat dan akan menimbulkan bunyi. Pastikan tidak ada kebocoran pada saluran oli. Jika mobil belum sampai 20.000 km setelah penggantian oli tetapi sudah berkurang banyak, maka bisa dipastikan terdapat kebocoran.

Itulah beberapa masalah umum yang kerap kali terjadi pada AC mobil. masalah-masalah tersebut bisa ada hindari dengan melakukan perawatan secara rutin. Namun jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke bengkel AC mobil, Anda bisa menghubungi Supercar.id yang melayani perbaikan dan perawatan mobil di rumah Anda.